top of page

Peran Bidan Dalam Kesehatan Mental Ibu Hamil Dan Menyusui


Bidan

Kesehatan mental adalah aspek penting dalam perjalanan kehamilan dan masa menyusui. Menjaga kesehatan mental yang baik tidak hanya berdampak positif pada ibu, tetapi juga pada perkembangan janin dan kesejahteraan bayi yang baru lahir. Kesehatan mental sering diabaikan dalam perawatan ibu hamil dan menyusui padahal ini merupakan aspek yang berdampak signifikan pada kehamilan, kelahiran dan perkembangan anak. Kondisi seperti depresi prenatal atau postnatal dapat memengaruhi kualitas hidup ibu dan bayi, serta hubungan ibu dan anak.


untuk membahas pentingnya peran bidan dalam mendukung kesehatan mental ibu hamil dan menyusui, PT. Samco Farma menyelenggarakan webinar dengan tema “Peran Bidan Dalam Kesehatan Mental Ibu Hamil Dan Menyusui” pada hari Selasa, 3 Oktober 2023. terdapat beberapa narasumber yang mengisi acara webinar diantaranya Psikolog Ayunda Shabriani Tyara, M.Psi., Bidan Betty Mangkuji, SST,M.Keb. dan Bidan Fadila Nur’aini, S.Tr.Keb,Bdn,CAI,CBMT. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental selama masa kehamilan dan menyusui serta bagaimana peran bidan dalam mendukung kesehatan mental ini


zoom, webinar, pesrta

Menurut Psikolog Ayunda Shabriani Tyara, M.Psi. Periode prenatal merupakan periode ibu sejak hamil hingga satu tahun pasca melahirkan, dalam periode ini pengembangan identitas sebagai ibu terkadang bertentangan dengan identitas diri sebelumnya, dimana adanya perubahan persepsi diri yang mempengaruhi self-concept dan self-esteem. Jika hal ini mengarah ke positif maka yang dirasakan adalah kehamilan sebagai life event yang menyenangkan dan memberikan kepuasan batin. Sebaliknya, jika hal ini mengarah ke negatif maka kehamilan sebagai life event yang traumatis. Maka dari itu perlunya pendampingan ibu pada periode prenatal seperti memberikan informasi sejelas dan serinci mungkin pada tiap periode (hamil, melahirkan, menyusui), membantu menyusun jadwal harian ibu, menampilkan sikap tenang, terbuka dan optimis serta menghindari komentar yang bersifat penilaian.


Mengingat pentingnya menjaga kesehatan ibu, bidan memiliki peranan terpenting sebagai garda terdepan yang berperan dalam memberikan konseling maupun dukungan yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui, memberikan dukungan sosial serta psikologis untuk mengurangi kecemasan sampai menghilangkan kecemasan ibu dan bidan juga sebagai pemberi layanan kesehatan memadai untuk meningkatkan kesadaran ibu mengenai kesehatan seperti edukasi tentang pentingnya menjaga nutrisi selama kehamilan dengan mengkonsumsi suplemen multivitamin Bundavin.





Tentang Samco Farma

PT. Samco Farma merupakan perusahaan farmasi yang telah berdiri sejak 1973 akan selalu berdedikasi pada kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Melalui tagline Dedicated To Your Better Life PT Samco Farma akan selalu berupaya untuk menjamin mutu dan keamanan serta standar kualitas bahan baku, dan proses produksi sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Pertanyaan lebih lanjut terkait produk dapat menghubungi customer care Samco Farma melalui email qa.mgr@samcofarma.co.id atau nomor telepon 021-552810 (ext 380)


23 views
bottom of page