top of page

Pentingnya Konsumsi Asam Folat Sebelum Menikah, Ketika Hamil & Menyusui

Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 adalah nutrisi penting yang memiliki peran kunci dalam perkembangan tubuh. Khususnya, asam folat memiliki peran yang sangat penting dalam fase sebelum menikah, selama kehamilan dan saat menyusui. Sebelum menikah, perencanaan kehamilan adalah langkah penting yang perlu dipertimbangkan oleh banyak pasangan. Calon pasangan yang akan menikah dan berencana untuk hamil sebaiknya mengkonsumsi asam folat 3 (tiga) bulan atau 12 (dua belas) minggu sebelum menikah untuk membantu pembentukan sel-sel baru. Mengingat akan pentingnya edukasi terkait konsumsi asam folat Samco menyelenggarakan kegiatan berupa Instagram Live bersama komunitas orami dengan narasumber Bidan Eva Rosita, A.Md.Keb. pada hari Rabu, 27 September 2023 yang mengusung tema “Pentingnya Konsumsi Asam Folat Sebelum Menikah, Ketika Hamil & Menyusui”.


Terdapat beberapa informasi yang disampaikan, diantaranya manfaat asam folat untuk calon ibu yang sedang melakukan program kehamilan untuk mencegah kelainan bawaan atau cacat lahir pada bayi. kurangnya asam folat dapat menyebabkan kelainan otak disebabkan bagian saraf tidak terbentuk sempurna, kelumpuhan, cacat langka sampai kematian. Tidak hanya untuk bayi, manfaat asam folat juga bisa mengurangi resiko keguguran dan mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklampsia. Selain itu asam folat juga tetap penting setelah bayi lahir, terutama selama menyusui, ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi beberapa bulan pertama kehidupan, ibu yang menyusui perlu memastikan bahwa ibu mengkonsumsi cukup asam folat agar bayi mendapatkan nutrisi yang diperlukan.



Manfaat konsumsi asam folat saat menyusui juga mengurangi resiko anemia serta menguatkan sistem kekebalan tubuh, defisiensi asam folat dapat meningkatkan terjadinya anemia pada ibu menyusui karena kebutuhan akan asam folat juga lebih tinggi dibandingkan wanita normal. Begitupun dengan bayi juga dapat terkena anemia yang apabila ibu terkena anemia yang akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kesehatannya. Dalam kegiatan instagram live bersama komunitas orami terdapat 87 peserta dan 5 (lima) orang pemenang. Menurut Bidan Eva Rosita, A.Md. Keb sangat dianjurkan untuk kebutuhan asam folat selalu tercukupi baik sebelum menikah, selama kehamilan dan saat menyusui untuk mengkonsumsi asam folat dari produk Bundavin karena memiliki kandungan vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, Fe (II) Fumarat dan Asam Folat yang sangat baik dan berguna untuk para ibu, calon ibu dan juga bayi.


Tentang Samco Farma

PT. Samco Farma merupakan perusahaan farmasi yang telah berdiri sejak 1973 akan selalu berdedikasi pada kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Melalui tagline Dedicated To Your Better Life PT Samco Farma akan selalu berupaya untuk menjamin mutu dan keamanan serta standar kualitas bahan baku, dan proses produksi sesuai dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Pertanyaan lebih lanjut terkait produk dapat menghubungi customer care Samco Farma melalui email qa.mgr@samcofarma.co.id atau nomor telepon 021-552810 (ext 380)

Kontak Media

Maya Safira (Public Relation, Samco Farma) public.relation@samcohealth.com 081919240273


26 views
bottom of page